0

5 Tips Memilih Kompresor Angin yang Bagus

kompresor-anginMemilih kompresor angin yang bagus bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit dilakukan. Beberapa orang pastinya sudah mengetahui ada beberapa trik yang dipergunakan untuk mengetahui mana kompresor yang bagus dan mana yang tidak. Terutama dengan kompresor angin yang banyak digunakan di bengkel untuk memompa ban. Selain di bengkel, kompresor angin juga lazim digunakan di pabrik untuk menyalakan mesin dengan sistem hidraulik.

Berikut ini adalah beberapa tips mudah dalam memilih kompresor angin yang bagus, yaitu;

  1. Merk

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa hanya merk-merk tertentu saja yang mampu menghasilkan kompresor berkualitas. Diantaranya adalah Krisbow, Shark, Lakoni, KAME dan lain sebagainya. Kompresor dengan merk tersebut pastinya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kompresor lainnya. Selain jika dinilai dari daya tahan pemakaiannya yang jauh lebih tinggi namun akan tetap aman dalam penggunaan jangka waktu yang panjang.

  1. Anggaran

Ya, ini adalah masalah yang sangat fundamental. Sesuaikan anggaran yang anda miliki dengan jenis kompresor yang dibutuhkan. Setiap kompresor biasanya akan dibedakan dari harganya berdasarkan volume tabung dan tenaga dorongan angin yang mencapai sekian bar. Tentu semakin mahal harganya maka akan semakin besar volume tabung dan tenaga dorong dari car kerjanya.

  1. Spesifikasi

Untuk lebih memudahkan pemilihan spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan anda maka anda perlu mengetahui volume penggunaan kompresr angin untuk pekerjaan anda. Misalnya, jika sedang menggunakan kompresor angin untuk menyalakan mesin bersistem hidraulik maka akan memerlukan kompresor angina dengan volume tabung dan tenaga dorong yang besar. Jika anda hanya menggunakannya untuk kebutuhan memompa ban kendaraan maka dengan menggunakan kompresor dengan spesifikasi normal sudah cukup.

  1. Garansi

Anda perlu memperhitungkan aspek garansi yang dimiliki oleh kompresor yang ingin anda beli. Jika garansinya memiliki jangka waktu satu tahun saja, sebaiknya anda mewaspadainya. Mengapa demikian? Kita tidak bisa menilai kekuatan produk semacam kompresor dalam jangka waktu satu tahun saja. Paling tidak garansi yang diberikan harus 2-3 tahun.

  1. Baru atau Bekas

Pertanyaan baru atau bekas bisa menjadi hal yang krusial dalam pemilihan kompresor. Sebenarnya par calon pembeli ini bisa membeli kompresor angin second asalkan menggunakan kompresor angin ini bukan sebagai peralatan utama dalam pekerjaan anda. Misalnya saja yang digunakan di bengkel. Di bengkel, kompresor hanya dipergunakan sebagai alat bantu tambahan bukan alat utama. Namun jika dipergunakan untuk menyalakan mesin berisistem hidraulik sebaiknya anda membeli barang baru.

Beberapa tips tadi memang terbilang sederhana, namun hal ini yang terkadang bisa saja terlupakan kalau kita sudah berhadapan dengan pedagang yang cukup pintar. Oleh karena itu, bagi anda khususnya calon pembeli harus tetap selektif dalam memilih produk yang terbaik.

Dinni Lidya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *