0

3 Tips Membeli Kompresor Bekas

kompresor-bekasSecara umum, kompresor (pemampat) dapat di artikan sebagai alat mekanik yang memiliki fungsi utama untuk meningkatkan tekanan fluida berupa gas atau udara sehingga. Alat mekanik ini biasanya di gerakan oleh motor listrik, mesin diesel maupun mesin bensin. Dalam proses kerjanya, tekanan udara yang di hasilkan oleh kompresor di gunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti pengecatan, memompa ban bahkan ada kompresor yang di gunakan untuk mendinginkan suhu ruangan seperti yang terdapat pada AC.

Hingga saat ini banyak jenis-jenis kompresor yang beredar di pasaran. Sobat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Akan tetapi, bagaimana caranya memilih kompresor bekas dengan baik? Tak jarang pula orang salah dalam memilih kompresor bekas yang berkualitas sehingga uang yang di keluarkan terbuang sia-sia.

Berdasarkan kasus tersebutlah kami bermaksud untuk memberikan tips membeli kompresor bekas. Sebelum kita masuk ke pokok bahasan, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis kompresor terlebih dahulu. Secara teknis, kompresor dapat di bedakan ke dalam dua kategori yaitu sebagai berikut :

  1. Kompresor perpindahan positif

Dilihat dari kemampuannya, terdapat dua jenis kompresor perpindahan positif, yaitu :

  • Kompresor piston (Reciprocating Compresor); kompresor ini pun terbagi ke dalam tiga model, yaitu: kompresor piston aksi tungga, kompresor piston aksi ganda, dan kompresor piston diagfragma.
  • Kompresor putar; kompresor putar terbagi ke dalam lima model,  yaitu: kompresor ulir putar (Rotary Scerw Compressor), lobe, vane, liquid ring, dan scroll.
  1. Kompresor Dinamik

Hingga saat ini terdapat dua jenis kompresor dinamik yaitu :

  • Kompresor Sentrifugal
  • Kompresor Axial

Banyaknya jenis kompresor menjadi salah satu masalah sebelum membeli kompresor bekas. Namun kami telah menyediakan beberapa tips membeli kompresor bekas yang dapat sobat gunakan ketika membeli alat pemampat ini. Mari simak beberapa tips di bawah ini :

  1. Periksa Kondisi Body

Ketika sobat melihat langsung kompresor bekas tersebut, lihat lah secara mendetail kondisi body kompresor. Hal yang paling utama adalah pastikan tidak ada kebocoran pada body kompresor. Jika terdapat kebocoran, maka kualitas kompresor tersebut sangat di ragukan sekali. Kompresor yang bocor dapat kita lihat dari olinya. Jika ada oli yang keluar, maka curigailah apakah oli yang keluar tersebut merupakan kebocoran dari sebuah kompresor. Maka sobat harus benar-benar teliti dalam memeriksa hal tersebut.

  1. Periksa tekanan kompresor

Fungsi utama sebuah kompresor adalah memampatkan udara dengan cara menekannya. Jika tekanan kompresor menurun, maka dapat di pastikan kualitas kompresor tersebut sudah tidak bagus lagi. Penyebab utama menurunnya tekanan sebuah kompresor adalah terjadinya kerusakan yang cukup serius pada bagian piston. Jika piston sudah rusak, maka biaya untuk memperbaikinya pun semakin tinggi. Oleh karena itu, sobat harus benar – benar memperhatikan secara mendetail tekanan kompresor.

  1. Cermati suara yang di keluarkan oleh kompresor

Memang terdengar sepele, tapi hal ini sangat bermanfaat sekali. Pada umumnya suara sebuah kompresor memang besar dan sedikit bising, akan tetapi sobat hanya perlu mengecek apakah terdengar suara yang aneh yang di hasilkan oleh kompresor. Jika sobat mendengar suara yang ganji, bisa jadi hal ini merupakan pertanda dari piston yang sudah aus atau komponen-komponen lain yang sudah kedaluwarsa atau sudah melewati masa pakainya.

Secara keseluruhan, tips membeli kompresor bekas adalah dengan memeriksa keseluruhan kondisi dan keadaan kompresor. Sebelum sobat membeli sebuah kompresor, pastikan pemilik mengizinkan sobat memeriksa dan menyalakan alat ini dan pastikan semua komponen berfungsi dengan optimal. Kami sarankan, janganlah terlalu terburu-buru dalam membeli sesuatu terlebih lagi jika sobat membelinya dalam keadaan bekas. Kami rasa cukup sampai di sini perjumpaan kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata kami ucapkan terima kasih sudah berkunjung.

Dinni Lidya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *