0

Macam – Macam Kompresor Mini

Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan dengan memasukan dan atau mengirim udara. Tanpa kita sadari, kita sering menyangka bahwa kompresor hanya suatu alat yang ada di tukang tambal ban. Padahal, alat ini tidak hanya berjenis itu saja. Alat ini juga dapat kita temukan pada alat lain seperti alat pengungkit, kendaraan roda empat, pendingin ruangan, lemari es, dan alat lainnya.

Sebelum kita memilih untuk membeli kompresor, sebaiknya kita mengetahui jenis dan macam dari kompresor yang ada. Hal tersebut bertujuan agar kita mengetahui jenis kompresor yang manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dilihat dari cara kerjanya, kompresor dibagai kedalam dua jenis yang masing-masing metode kerjanya berbeda. Jenis pertama adalah kompresor dengan metode kerja positif displacement dan yang kedua adalah dengan metode kerja dynamic.

1. Kompresor Perpindahan Positif

kompresor-perpindahan-positifKompresor ini dibedakan menjadi dua  jenis, yaitu kompresor piston (reciprocating compressor) dan kompresor putar (rotary).

Dalam kompresor piston terdapat jenis lagi, yaitu;

  • Kompresor piston aksi tunggal; Kompresor jenis ini memanfaatkan perpindahan piston, kompresor jenis ini menggunakan piston yang didorong oleh poros engkol (chankshaft) dalam memapatkan gas atau udara.
  • Kompresor aksi ganda; Jenis kompresor ini beroperasi hampir sama dengan piston aksi tunggal, hanya saja yang menjadi perbedaannya kompresor ini dibantu oleh port inlet dan outlet pada kedua sisinya. Hal tersebut dapat menginkatkan hasil udara bertekanan lebih tinggi daripada piston aksi tunggal.
  • Kompresor piston diafragma; Jenis ini merupakan jenis klasik dari piston sehingga mempunyai kesamaan dengan piston. Yang membedakannya adalah kompresor jenis ini menggunakan membran fleksibel atau diafragma untuk menempatkan udara.

Dalam kompresor putar terdapat beberapa jenis, yaitu;

  • Kompresor Ulir Putar (Rotary Screw Compressor)

Jenis kompresor ini digunakan apabila Anda membutuhkan tekanan udara selama 24 jam, dalam artian membutuhkan debit udara yang banyak. Kelebihan dari jenis ini adalah udara yang dihasilkan tidak banyak mengandung uap air, karena alat ini menggunakan dua buah ulir yang saling berputat dalam memompa. Selain itu jenis kompresor ini tidak menimibulkan suara bising, yaitu: lobe, vane, liquid ring, scroll.

2. Kompresor Dynamic

kompresor-dynamicKompresor ini dibedakan mejadi dua, yaitu kompresor sentrifugal dan kompresor axial.

  • Kompresor sentrifugal; Jenis dari kompresor sentrifugal ini banyak digunakan untuk memindahkan uap air. Jenis kompresor ini biasanya digunakan untuk memindahkan gas dalam jumlah besar namun dengan kecepatan yang tinggi. Kompresor ini lebih banyak berkerja pada tekanan rendah.
  • Kompresor axial; Kompresor ini berputar secara dinamis dengan menggunakan serangkain kipas airfoil. Hal tersebut bertujuan untuk menekan aliran fluida. Alat ini sering digunakan dalam turbin gas atau udara seperti mesin kapal berkecepatan tinggi.

Diantara kedua jenis tersebut, terdapat jenis kompresor mini. Kompresor mini ini memiliki beberapa jenis. Jenis air compressor  ini dikatakan mini dikarenakan tidak menggunakan tabung tekanan, sehingga bentuknya yang mini hanya berkerhja untuk menghasilkan tiupan udara. Untuk jenis dari kompresor mini ini, berdaarkan kebiasaan penggunaanya dapat terbagi kedalam dua macam.

Berikut macam-macam dari kompresor mini berdasarkan kegunaannya, yaitu:

  • Kompresor udara mini dengan penggerak motor DC untuk perlengkapan mobil. Motor DC adalah motor listrik yang memerlukan suplai tegangan arus searah yang digunakan untuk diubah menjadi energi gerak mekanik.
  • Kompresor mini untuk pengecatan. Dengan menggunakan kompresor jenis ini, Anda dapat menggunakannya untuk mengecat. Dengan bantuan spraygun dan paintbrush maka anda dapat mengecat dengan bantuan angin.

Dinni Lidya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *